Jumat, 16 Mei 2014

SMK N 3 Yogyakarta

No. Job : 01
BidangStudiKeahlian :


TeknikInformasidan
Jaringan Dasar
Tanggal: 23 Januari 2014
Komunikasi


Program StudiKeahlian :


TeknikKomputerdan

IFA ROFINDA
Informatika


KompetensiKeahlian :
Topologi Jaringan Dasar

Nilai :
Teknik Multimedia





A.   TUJUAN
Tujuan dari praktikum ini yaitu :
1.    Peserta didik dapat memahami tentang topologi jaringan dasar.
2.    Peserta didik dapat membuat Simulasi Topologi jaringan dengan menggunakan Software Cisco Paket Tracer.
3.    Peserta didik dapat mempraktekkan simulasi yang dibuat.

B.   DASAR TEORI

1.    Topologi Jaringan Komputer.
Topologi Jaringan adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainya sehingga membentuk sebuah Jaringan. Cara yang saat ini banyak di gunakan adalah Bus, Token Ring (Cincin), Star (Bintang). Masing-masing topologi ini mempunyai cirri khas, dengan kelebihan dan kekurannya sendiri.

Topologi Jaringan Komputer yang paling banyak di gunakan :

·         Topologi Bus.

http://sinauonline.50webs.com/cisco%20bus%20topology.JPG

Pada
Topologi ini digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel Pusat dimana seluruh Workstation dan Server dihubungkan. Merupakan Topologi fisik yang mengunakan Kabel Coaxial dengan mengunakan T-Connector dengan terminal 50 omh pada ujung Jaringan. Topologi Bus menggunakan satu kabel yang kedua ujungnya ditutup dimana sepanjang kabel terdapat node-node.

Keuntungan :
·         Hemat kabel
·         Layout kabel sederhana
·         Mudah dikembangkan

Kerugian :
·         Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
·         Kepadatan lalulintas
·         Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bias berfungsi
·         Diperlukan repeater untuk jarak jauh

·         Topologi Token Ring (Cincin)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVnnJ8lIt1J47yk3k4Da52BY0O7v4djvRdE8ZejYqZgxEV3cgwNeuUyWoDCfVDv-K-_0NPbpH4DlEV6-oSqZsNQa2SSOIWuxtrLKQZUXL18LsvALs7bP_c0fxaJ9mbZICGcUoBi4Ay1FPD/s320/tokenring1.jpg

Di dalam
Topologi Ring semua Workstation dan Server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin. Tiap Workstation atau Server akan menerima dan melewatkan Informasi dari satu computer kekomputer yang lainnya, bila alamat-alamat yang di maksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informaskan di lewatkan.


Keuntungan :
·         HematKabel
Kerugian :
Ø  Peka kesalahan
Ø  Pengembangan jaringan lebih kaku

·         Topologi Star
 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxlhxd6hWo6fpsxTYZlcMW1mTKrsaOx5WMGHRjCLsbJbhRdGaF28cuh6rbKn7WMP0uzMICnrTXIa6qxXQupI5KHHkLgAWLlqZze82Fv0uPj2KSqbnYuRdbj3NwvHDK6tQQaHFuRd8SU4qo/s320/images.jpg

Pada
Topologi Star, masing-masing Workstation dihubungkan secara langsung ke Server atau Hub/Swich. Hub/Swich berfungsi menerima sinyal –sinyal dari computer dan meneruskannya kesemua komputer yang terhubung dengan Hub/Swich tersebut. Jaringan dengan Topologi ini lebih mahal dan cukup sulit pemasangannya .Setiap computer mempunyai kabel sendiri-sendiri sehingga lebih mudah dalam mencari kesalahan pada jaringan. Kabel yang digunakan biasanya menggunakan Kabel UTP CAT5.

Keuntungan :
·         Paling fleksibel
·         Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
·         Kontrol terpusat
·         Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
·         Kemudahaan pengelolaan jaringan
Kerugian :
·         Boros kabel
·         Perlu penanganan khusus
·         Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis

·         Topologi Mesh

http://www.gaptek.info/wp-content/uploads/2013/05/topologi-mess.jpg

Jaringan
dengan Topologi Mesh mempunyaijalurgandadarisetiapperalatan di jaringankomputer. Semakinbanyakkomputer yang terhubungsemakinsulituntukpemasangankabelnya. Karenaitu, Topologi Mesh yang murni, yaitusetiapperalatandihubungkansatudengan yang lainya.

Kelebihan :
·         Jikainginmengirimkan data kekomputertujuan, tidakmembutuhkankomputer lain (langsungsampaiketujuan)
·         Memilikisifat robust, yaitu : jikakomputer A mengalamigangguankoneksidengankomputer B, makakoneksikomputer A dengankomputer lain tetapbaik
·         Lebihaman
·         Memudahkan proses identifikasikesalahan
Kelemahan :
·         Membutuhkanbanyakkabel
·         Instalasi&konfigurasisulit
·         Perlunya space yang memungkinkan

·         TopologiHybrid.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjMw234Gi7D2HqMB47xSHTep-WAc0jNBzGZADgADEAFyFCeGtfUpI4cJwQkciNjQDnLjpAGVWQyLAmbw-FVxuSwC_tKl_C2jPzEFK6aInO-cc7kDE6I4Pfu6tR8FlQg849CB7GBvDOh7ws/s320/hybrid.png

Hybrid Network adalah Network yang dibentukdariberbagaiTopologidanTeknologi. Sebuah Hybrid Network mungkinsebagaicontoh, diakibatkanolehsebuahpengambilanalihansuatuperusahaan. Sehingga, ketika di gabungkanmakateknologi-teknologi yang berbedatersebutharusdigabungkandalam network Tunggal. Sebuah Hybrid metworkmemilikisemuaKarakteristikdaritopologi yang terdapatdalamjaringantersebut.

Karena
topologi ini merupakan gabungan dari banyak topologi, maka kelebihan / kekurangannya adalah sesuai dengan kelebihan / kekurangan dari masing-masing jenis topologi yang digunakan dalam jaringan bertopologi Hybrid tersebut. 

·         Topologi Peer-to-peer Network
 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-PT8GV48ZvazKitfnAL40fzI_udZjJDa-xLd18ioMe1d3ar8DVgZV1-xj4EcJNYtGTGugm1aZ0odkMBUZVZYhUYIflpU8kUT1JEaRxOSRtYMfOrDMyEiBvPe6LhMO1Y6anrTJ7dcZ-4Td/s320/F01xx30.JPG 

Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam system jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai computer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino, dan mereka berdua dapat
mencetak
ke printer yang sama pada saat yang bersamaan.
Sistem
jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘kuno’, misalnya AT, dan ingin membeli computer baru, katakanlah Pentium II, tidak perlu membuang computer lamanya. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk system jaringan. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas, system jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipejari dan dipakai.

·         Topologi Broadcast

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLjLWxYKzsKER3iiO0ruMDTMMLQjqUU3ThxTQB1cZp7b9rENu3Mhr5-jNtMWkaEogxT5dVATvZ7nE0aLqNUfReGPknHhe6Cyv6vABipuCkRldQrt54cBgq9bpnkuCIZ_TcYDP56kE5kzc/s1600/topologi+broadcast.jpg

Secara sederhana dapat digambarkan yaitu suatu host yang mengirimkan data kepada seluruh host lain pada media jaringan.

C.   ALAT DAN BAHAN

NamaAlatdanBahan
Spesifikasi
Jumlah
Komputer
Multimedia
1
Cisco Packet Tracer
-
1
Switch
Prolink
4
Kabel UTP
Cross, Straight
8

D.   LANGKAH KERJA

> SIMULASI LAN

1.    Membuka aplikasi Cisco Packet Tracer sebagai sarana untuk membuat simulasi LAN.

2.    Membuat Simulasi LAN.
Ø  Memilih HUB dan PC generic ( 4 HUB, 6 PC Client, 1 PC Server)


Ø  Memasang kabel cross pada HUB (garis putus-putus) dan Memasang Kabel Straight pada PC Server.

Ø  Memasangkan kabel straight pada PC Client.


Ø  Membuat IP Address pada PC Server.


Ø  Membuat IP Address pada PC Client (diberi nomor selain 1 pada bagian IP Address).

Ø  Membuka Command Prompt, Menge-Ping dari server ke server dan dari server ke Client, LAN akan tersambung jika ada tulisan seperti gambar diberikut.

Ø  Menge-Ping dari Client ke Server.
                                >Mempraktekanhasilsimulasi LAN type hirarki
Ø  Siapkan alat dan bahan diantaranya : HUB, PC dankabel UTP (cross dan straight).

Ø  Sambungkan PC 1 server dengan HUB 1  menggunakan kabel straight, Kemudian hubungkan HUB 1 dengan HUB  2  menggunakan kabel cross.

Ø  Hubungkan HUB 2 dengan PC 2 client dan PC 3 client menggunakan kabel straight. Jangan lupa setiap computer server atau client harus memiliki IP Address sesuai simulasi diatas dan WORKGROUP harus sama agar saling terkoneksi. IP Addess seperti berikut :misalkan client / PC 2. Begitu juga PC yang lain sesuai simulasi misalnya PC 3 berarti IP Adressnya 192.168.10.3


Ø  Setelah computer server dan client terangkai (PC 1, 2, dan 3) terlebih dahulu kita check apakah computer berkoneksi atau tidak. Cek IP masing-masing PC hasilnya sebagai berikut :
Ø  Selanjutnya hubungkan HUB 1 dengan HUB 3  menggunakan kabel UTP Cross.
Ø  Hubungkan HUB 3  dengan PC 4 dan PC 5  menggunakan kabel UTP Straight.
Ø  Setelah itu kita mengecheck apakah computer berkoneksi satu sama lain atau tidak. Sama langkahnya dengan langkah 4. Hasilnya sebagai berikut :



Ø  Hubungkan HUB 1 dengan HUB 4  menggunakan kabel UTP Cross.
Ø  Hubungkan HUB 4  dengan PC 6 dan PC 7  menggunakan kabel UTP Straight.
Ø  Kemudian cek cmd. Ketik ping 192.168.10.6 lalu enter. Dan ketik ping 192.168.10.7 lalu enter.


Ø  Jika semua PC tersebut dapat terkoneksi, maka jaringan LAN  tersebut sudah bias saling bekerjasama. Seperti untuk sharing data, sharing printer, sharing internet, dan lain sebagainya.

F. PENUTUP
        1. Kesimpulan
Peserta didik mampu membuat Simulasi dan dapat mempraktikkan simulasi LAN sederhana.
        2. Saran
Dalam mempraktikkan simulasi, harap menggunakan Team Work yang baika agar semua terkondisi dengan baik dan dapat lebih mudah dan cepat dalam tahap pengerjaan.
G. DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar